periksa bagian fork. Pastikan fork
tidak
mengalami retak atau bengkok, jika fork bengkok dan diluruskan kembali
maka akan tidak presisi lagi dan kurang nyaman. Pilihlah fork rigid atau
tanpa suspensi karena lebih murah. Sepeda yang dimaksud diatas
misalnya, Federal, Master, Mustang, Polygon (steel) dll. Menurut
pendapat saya sebaiknya beli yang Federal seri apa saja karena material
sepeda ini sangat bagus berikut komponen lainnya. Komponen bawaan sepeda
ini hampir semua menggunakan Shimano yang tak diragukan lagi
kualitasnya. Selain itu harga sepeda ini sangat murah, kalo tidak salah
dulu federal tahun 1989 seharga Rp400.000 kalau sekarang mungkin hanya
Rp200-300 ribu. Terus terang saja sepeda saya adalah Federal juga
namun bukan berarti Federal adalah pilihan terbaik. Hmm, sepeda saya
ini dulu pernah ditawar Rp75.000! Dengan kondisi cukup baik, murah kan?
Teman saya juga habis membeli sepeda MTB Raleigh di Pasar Sepeda dengan
kondisi sangat bagus untuk sepeda bekas seharga Rp375.000. Baik, jika
sudah memeriksa frame dan fork maka anda bisa memeriksa part yang lain
misalnya headset, stem, bosh (hub) dan crank namun jika terjadi
kerusakan asal tidak kerusakan berat tidak menjadi masalah. Langkah
selanjutnya adalah beli sepeda yang telah anda pilih. Setelah anda
membelinya sebisa mungkin segera bawa ke bengkel atau bisa anda perbaiki
sendiri.
Periksa semua parts jika ada yang rusak jangan terburu-buru
menggantinya, sebaiknya diperbaiki saja karena akan menghemat uang anda.
Beberapa komponen yang biasanya rusak: Bottom Bracket (BB)
,
biasanya kerusakan pada ball bearing atau gotri yang melesat atau
retak. Hal ini bisa diperbaiki andai kata perlu mengganti BB
menggantinya sekitar 40-60 ribu. Bosh/Hub
,
hampir sama yaitu ball bearing atau mangkuk (istilah bengkel sepeda).
Bisa diperbaiki. Harga hub baru 25-100rb. Hub merek Genio 30 ribu
depan-belakang, merek Giant (bukan part dari pabrikan Giant lho) 50 ribu
satu pasang, merek Formula (recommended) 75ribu satu pasang dengan QR
juga. Brake/rem, part ini sangat penting untuk safety riding maka jika
rusak atau kurang pas segera perbaiki atau ganti. Jika sistem pengereman
masih bagus, ganti sepatu/kampas remnya saja. Jika sudah rusak total,
gantilah. Harga brake satahu saya merek Tektro jenis V-Brake
50rb per satu sisi namun jika mengganti dengan tipe V-Brake ini maka
brake lever atau handle rem juga harus diganti yaitu seharga 35 ribu
satu pasang. Masing-masing berbahan alloy dan kualitasnya dan
performanya tidak mengecewakan. RD/FD
,
part ini tidak begitu fatal karena anda bisa menggantinya menjadi
single speed namun jika anda malas membuat jadi single speed, buat saja
freewheel (gear belakang) dipaksa menjadi single speed artinya tidak
bisa dipindah-pindah sebelumnya disesuaikan dahulu ke gear yang
diinginkan. Hal ini akan jauh lebih menghemat karena harga RD/FD lumayan
mahal misalnya Shimano Tourney (RD) paling murah sekitar Rp 70.000
belum lagi jika shifternya juga rusak. Rantai
, jika rantai tidak layak pakai anda bisa membelinya seharga 30 ribu merek Taya (index) dan ada yang lebih murah lagi. Rims/Velg
,
velg yang bengkok masih bisa di ketok/kenteng namun berjenis besi jika
aluminum sebaiknya diganti saja. Harga velg mulai 30 ribu. Untuk merek
United 90 ribu sepasang. Seatpost, jika sudah sangat berkarat sebaiknya
diganti karena selain jelek juga berbahaya karena gampanng patah tapi
sangat jarang terjadi. Seatpost
alloy seharga 25 ribu ukuran 25,4mm. Spoke
atau ruji, anda bisa mengganti atau tidak juga tidak masalah asal masih
kencang semua dan kuat. Selain itu cek roda dengan cara memutarkan dan
dilihat dari depan jika goyang (bukan oblak) bisa jadi ruji ada yang
kendur atau sudah lemah. Jika anda mengganti hub, maka sebaiknya
mengganti ruji juga karena ruji yang kwalitas bawah sekali pakai atau
jika sudah terpasang, dicopot kemudian dipasang kembali kekuatannya
berkurang selain itu biasanya tukang stel rujinya juga males hehehe.
Harga ruji bervariasi ada yang 15 ribu, 30 ribu dst, yang membuat mahal
adalah ongkos pasang dan stel ruji bisa mencapai 20-30 ribu per roda
namun hasilnya bagus.
Menurut saya itu saja hal-hal yang terpenting dalam mendapatkan
sepeda murah, untuk komponen yang lain misal handlebar (setang), sadel,
pedal, stem dan aksesoris anda bisa menentukan sendiri. Jika anda
tergabung dalam komunitas sepeda maka akan lebih murah lagi karena bisa
mengurangi biaya jasa bengkel karena dikerjakan bersama-sama dan bisa
bertukar spareparts dari anggota lain dengan harga yang jauh lebih
murah. Baik, Selamat berburu dan tetap utamakan “safety riding”
No comments:
Post a Comment